Thursday, December 17, 2009

Sang ELANG telah bangkit.....

Jika diperhatikan, gambar diatas seperti seokor mahluk khayalan yang sedang mulai mengangkat sayapnya, objek ini sebenarnya adalah sebuah 'menara' yang terdiri dari gas dingin dan sebu yang muncul dari pusat nebula yang dinamakan Eagle Nebula. jarak/panjang objek ini diperkirakan sejauh 9,5 tahun cahaya atau setara dengan 90 triliun kilometer!!! (Speechless....). Kurang lebih sekitar 2x jarak dari matahari ke bintang terdekat (ck..ck...ck...jauhnyaaa).

Bintang2 di Eagle Nebula terbentuk dari awan2 gas hidrogen yang dingin yang berkumpul sedemikian rupa. Objek menyerupai tower ini mungkin merupakan inkubator 'mega raksasa' untuk 'melahirkan' bintang2 baru (Subhanallaahh). Didalam tower gas ini mungkin bintang2 dibentuk. Beberapa dari bintang tsb, sudah dibuat dari kumpulan gas padat yang mulai menyaru karena gravitasi. Beberapa bintang lain mungkin terbentuk karena tekanan gas yang mendapat panas/energi dari bintang2 di sekitarnya.

Warna dominan dari image tsb diperoleh dari gas yang mendapat energi dari bintang2 dengan ultraviolet yang sangat kuat. Warna biru dibagian atas berasal dari oksigen. Warna merah di bagian yang lebih bawah berasal dari hidrogen. Gambar ini diambil pada bulan November 2004 oleh telescope Hubble. (www.spacetelescope.org)

No comments:

Post a Comment